Dwi Yulianti, Wiyanto, Sri S. Dewanti H.
Journal Ilmu Pendidikan (JIP), Vol 17, No 6 (2011)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengungkap keberhasilan model pembelajaran
sains di Taman Kanak-kanak berdasarkan "bermain sambil belajar" dalam
meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus; masing-masing siklus mencakup tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan
bahwa model pembelajaran sains di Taman Kanak-kanak yang menggunakan
prinsip bermain sambil belajar dapat meningkatkan hasil belajar sains
yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
Kata Kunci : pembelajaran sains, bermain sambil belajar
Sumber : http.//journal.um.ac.id
REPRODUKSI
Model pembelajaran sains di Taman Kanak-kanak berdasarkan teknik bermain sambil belajar merupakan cara yang efektif karena anak kecil terutama usia kanak-kanak mudah tertarik dengan permainan. Cara tersebut bertujuan untuk mengungkap keberhasilan belajar anak melalui pembelajaran sains dengan cara bermain sambil belajar agar hasil belajar anak dapat mencapai keberhasilan baik dari aspek kognitif, afektif maupun kognitif. Dalam menerapkan cara bermain sambil belajar, maka perlu dilakukan tahap-tahap seperti tahap perencanaan, pengamatan dan refleksi maka penelitian tersebut dapat menghasilkan kesimpulan yang menunjukkan bahwa model pemebelajaran sains di Taman Kanak-kanak yang menggunakan prinsip bermain sambil belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Kata Kunci : Pembelajaran sains, bermain sambil belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar