Jumat, 08 Juni 2012

MODEL PEMBELAJARAN SAINS DI TAMAN KANAK-KANAK DENGAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR

Dwi Yulianti, Wiyanto, Sri S. Dewanti H.
Journal Ilmu Pendidikan (JIP), Vol 17, No 6 (2011)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengungkap keberhasilan model pembelajaran sains di Taman Kanak-kanak ber­dasarkan "bermain sambil belajar" dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus; masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran sains di Taman Kanak-kanak yang menggunakan prinsip ber­main sambil belajar dapat meningkatkan hasil belajar sains yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Kata Kunci : pembelajaran sains, bermain sambil belajar
Sumber : http.//journal.um.ac.id

REPRODUKSI

Model pembelajaran sains di Taman Kanak-kanak berdasarkan teknik bermain sambil belajar merupakan cara yang efektif karena anak kecil terutama usia kanak-kanak mudah tertarik dengan permainan. Cara tersebut bertujuan untuk mengungkap keberhasilan belajar anak melalui pembelajaran sains dengan cara bermain sambil belajar  agar hasil belajar anak dapat mencapai keberhasilan baik dari aspek kognitif, afektif maupun kognitif. Dalam menerapkan cara bermain sambil belajar, maka perlu dilakukan tahap-tahap seperti tahap perencanaan, pengamatan dan refleksi maka penelitian tersebut dapat menghasilkan kesimpulan yang menunjukkan bahwa model pemebelajaran sains di Taman Kanak-kanak yang menggunakan prinsip bermain sambil belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Kata Kunci : Pembelajaran sains, bermain sambil belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar