Kamis, 05 Juli 2012

TUGAS AKHIR MEMBACA KOMPREHENSIF


Nama   : Indah Wahyuningsih
NIM    : A310110016
Kelas   : II A





Resensi Buku
Judul               : Speed Reading : Sistem Membaca Cepat dan Efektif
Pengarang       : Soedarso
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit    : 2010
Tebal               : 135 halaman
Jenis Buku       : Non Fiksi


Sinopsis Buku
            Membaca merupakan kegiatan yang kompleks dengan mengerahkan sejumlah tindakan yang meliputi penggunaan pengertian dan khayalan, mengamati  dan mengingat-ingat. Kita tidak dapat membaca tanpa menggerakkan mata atau tanpa menggunakan pikiran kita. Banyak orang yang membaca buku dengan ditelusuri kata demi kata, kalimat demi kalimat dan hal ini sudah menjadi kebiasaan dari anak kecil yang baru belajar membaca sampai dia dewasa. Apabila anak-anak tidak mendapat latihan khusus tentang bagaimana membaca cepat dengan baik, maka mereka akan membaca secara lamban, tidak ada gairah, mudah lelah, merasa bosan, dan kecepatan membacanya sangat minim.
            Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh seseorang dalam membaca adalah dengan terlalu menekuni detailnya sehingga kehilangan ide sentralnya. Mereka tidak menggunakan teknik membaca cepat yang sebenarnya menghasilkan pemahaman yang cepat pula. Kecepatan membaca sangat bergantung pada bahan dan tujuan membaca dan kecepatan membaca harus seiring dengan kecepatan memahami bahan bacaan yang dibaca.
            Kecepatan membaca tidak harus sama tetapi fleksibel, artinya bahwa adakalanya membaca harus cepat, adakalanya perlu memperlambat atau bahkan berhenti sebentar kemudian cepat lagi. Hal ini bergantung pada tujuan dalam membaca.
            Buku Sistem Membaca Cepat dan Efektif ini memberikan teknik-teknik membaca cepat dan efektif untuk menguasai buku, surat kabar, majalah, surat-surat bisnis, dan bahan lainnya. Selain itu, kelebihan dari buku ini adalah disertainya latihan-latihan yang diperlukan dan dapat dikerjakan secara individual maupun bersama-sama. Berbagai ulasan tentang hambatan dan kebiasaan lama yang salah dalam membaca dan cara mengatasinya juga diungkapkan dalam buku ini.
            Latihan-latihan yang ada dalam buku ini kurang dapat dipahami seperti latihan fiksasi pada halaman 34-38. Seharusnya latihan-latihan yang diberikan mulai dari yang sederhana seperti membaca buku yang berwarna kemudian ke tahap yang lebih rumit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar